-

Ilmuwan Tangkap Cahaya Mempesona di Luar Tata Surya

JAKARTA – Para ilmuwan internasional untuk pertama kalinya berhasil melihat cahaya mempesona di luar tata surya atau yang disebut Aurora, dengan cahaya sejuta kali lebih terang dari Aurora Borealis.
Sebuah tim internasional mendeteksi tampilan cahaya seputar sebuah bintang kate coklat sekira 18 tahun cahaya jauhnya di konstelasi Lyra.
Mereka mengatakan cahaya itu tampak seperti Cahaya Utara, lebih terang hingga satu juta kali dan cenderung berwarna lebih merah dan bukan hijau.
Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Nature. Dr. Stuart Littlefair, astronom dari University of Sheffield, mengatakan, "Ini adalah pertama kalinya kami telah mengukuhan tentang terlihatnya aurora di luar tata surya," ujar Stuart, seperti dikutip dari BBC Indonesia, Jumat (31/7/2015).
Aurora berkilauan tergolong tampilan yang paling mempesona di Bumi. “Kelebat cahaya begini juga dapat muncul di beberapa titik di semua planet di tata surya kita,” tuturnya.
Aurora terjadi ketika partikel yang mendapat muatan dari matahari berinteraksi dengan atmosfer.
Aurora bintang kate itu berwarna merah karena partikel bermuatan terutama berinteraksi dengan hidrogen di atmosfer. Di Bumi, cahaya kehijauan disebabkan oleh elektron dari matahari yang menghantam atom oksigen. Namun, para ilmuwan masih bertanya-tanya bagaimana pertunjukan cahaya itu dihasilkan.
(amr)
Sumber :Click Here 
 

0 komentar:

Posting Komentar

-